Senin, 28 Mei 2012

manfaat sawi


Ada begitu banyak nama untuk  menyebutkan tumbuhan sayuran berdaun hijau yang cukup popular ini. Dikenal pula sebagai caisim, caisin, atau sawi bakso. Sayuran ini mudah dibudidayakan dan dapat dinikmati secara segar atau diolah menjadi asinan. Ada beragam sawi (hitam, hijau, putih), semua jenis sawi mengandung nilai gizi yang baik bagi kesehatan.

Sawi hijau atau dalam bahasa ilmiahnya disebut brassi juncea termasuk kedalam famili Curciferae ini dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Batang tanaman sawi pendek dan lebih langsing dari tanaman petsai. Ia mempunyai akar tunggang dengan banyak akar samping yang dangkal. Bunganya mirip petsai, tetapi rangkaian tandan lebih pendek. Ukuran kuntum bunganya lebih kecil dengan warna kuning pucat spesifik. Bijinya berukuran kecil dan berwarna hita kecoklatan serta terdapat dalam kedua sisi dinding sekat polong yang gemuk

MANFAAT DAN KANDUNGAN GIZI

Anda yang suka sawi hijau, tentu tidak akan rugi. Sawi hijau diketahui banyak mengandung vitamin, seperti, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Ditambah lagi sawi hijau mengandung folat, mineral (mangan dan kalsium), masih ada lagi sawi hijau juga mengandung asam amino triptofan dan juga serat pangan.

Vitamin K terkandung dalam sawi hijau sangat bermanfaat dalam menjaga tubuh dari beberapa penyakit jantung dan stroke, vitamin K membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah karena timbunan plak kalsium. Selain itu vitamin K juga berperan dalam pengaturan protein dan kalsium dalam tulang, sehingga vitamin K ini dapat menjaga kesehatan tulang dai osteoporosis.

Dengan kendungannya tersebut, sawi hijau berkhasiat untuk mencegah kanker, hal ini disebabkan karena dalam sawi hijau mengandung senyawa fitokimia khususnya glukosinolat yang cukup tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi sawi hijau mampu menurunkan resiko terserangnya kanker prostat. Selain itu, manfaat sawi hijau juga untuk membantu kesehatan sistempencernaan, mencegah dan mengobati penyakit pelagra serta menghindarkan ibu hamil dari anemia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar